Kamis, 19 Januari 2012

Perbandingan Router Cisco Vs Mikrotik

     Seperti halnya switch, Cisco mengeluarkan beberapa seri router. Semakin tinggi serinya akan semakin lengkap dan canggih fitur-fitur yang disediakan oleh router tersebut.Tentu harganya pun akan semakin mahal. 
      Switch dan router memiliki banyak persamaan. Kedua-duanya sama memiliki RAM, ROM, NVRAM, falsh, CPU dan sama menyediakan port Console, Seperti halnya swicth, beberapa jenis router menyediakan fasilitas upgrade modul sehingga dapat menambah kemampuan.
Router juga dapat dioperasikan via CLI. Router menggunakan sistem operasi IOS. Jika kita sudah memahami prinsip dasar penggunaan perintah-perintah IOS maka kita tidak akan mengalami banyak hambatan ketika mulai belajar mengoperasikan router.
       Tentu saja ada beberapa perbedaan penting antara switch dengan router. perbedaan utama terletak pada fungsi kedua perangkat tersebut. Router tidak menyediakan banyak port ethernet sebagaimana halnya switch. Namun router telah menyertakan beberapa protokol routing yang tidak dimiliki oleh switch, seperti RIP, OSPF, IGRP, dan sebagainya. Tentu saja router Cisco mendukung protokol routing yang lain. Adapun Informasi lebih lanjut tentang Cisco bisa dilihat di http://www.unisbank.ac.id karena unisbank membuka pelatihan sertifikasi bagi mahasiswa maupun umum yang berminat ikut. Sebagai tambahan lebih lanjut tentang jarkom anda bisa lihat di http://mardiutomo.com
     Sedangkan MikroTik RouterOS™ adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP dan provider hotspot.



3 komentar:

  1. Andiny cara setting prasaan, biar connect ke hati km..
    Caranya gmna yaa???....

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus